Apa itu HDRi? HDRi singkatan dari Hi Dynamics Range image; format gambar yang bisa nyimpan beda kontras & brightness yang lebih banyak...
Apa itu HDRi?
HDRi singkatan dari Hi Dynamics Range image; format gambar yang bisa nyimpan beda kontras & brightness yang lebih banyak daripada format LDRi / Low Dynamic Range image.
Contoh LDR : JPG, PNG
Contoh HDR : HDR, EXR, TIFF
karena informasi pencahayaan nya lebih banyak, format ini cocok untuk dipakai sebagai environment map / pengganti GI [ global illumination ] saat kira me render suatu model.
Bentuk HDRi
HDRi umumnya berbentuk spherical [ bola ] atau hemispherical [ setengah bola ]. Diambil dengan teknik memutar kamera dengan tripod khusus, lalu disatukan dengan software tertentu.
HDRi singkatan dari Hi Dynamics Range image; format gambar yang bisa nyimpan beda kontras & brightness yang lebih banyak daripada format LDRi / Low Dynamic Range image.
Contoh LDR : JPG, PNG
Contoh HDR : HDR, EXR, TIFF
karena informasi pencahayaan nya lebih banyak, format ini cocok untuk dipakai sebagai environment map / pengganti GI [ global illumination ] saat kira me render suatu model.
Bentuk HDRi
HDRi umumnya berbentuk spherical [ bola ] atau hemispherical [ setengah bola ]. Diambil dengan teknik memutar kamera dengan tripod khusus, lalu disatukan dengan software tertentu.
Untuk settingannya mari ikuti langkah-;angkah berikut ini:
a. usahakan menggunakan HDRI yang tepat, dalam artian, ukuran file nya biasanya besar dan resolusi nya tinggi (diatas 2000pixel) dikarenakan apabila terlalu kecil, akan berakibat gambar jadi pecah saat dirender.
b. masukkan map HDRI di 3 tempat, yaitu di GI Color, BG Color dan Reflect Color. ketiga item ini ada di tab Environment pada render option. gelap terang dari scene bisa diatur dengan mengubah nilai value masing2 ketiga item tersebut. Butuh coba2 sampai ketemu hasil yang pas. NB: map HDRI nya tipe UVW nya pilih yang "Environment" dengan tipe spherical yak.
c. di tab Global Switches, selalu gunakan "Default Lights", kasus ini hanya bila menggunakan HDRI.
d. nyalakan Shadow yang ada di default sketchup nya, lalu arahkan supaya bayangan sesuai dengan gambar HDRI yang anda pakai. contoh bisa dilihat pada gambar dibawah.
e. item nomer c dan d tidak berlaku bila anda menginginkan scene malam hari. karena? jelas.. malam hari mana ada matahari kan?
f. pada tab Camera, matikan / un-centang pada "Exposure" karena sifat HDRI itu sudah membawa cahaya sendiri tanpa perlu exposure dari camera.
b. masukkan map HDRI di 3 tempat, yaitu di GI Color, BG Color dan Reflect Color. ketiga item ini ada di tab Environment pada render option. gelap terang dari scene bisa diatur dengan mengubah nilai value masing2 ketiga item tersebut. Butuh coba2 sampai ketemu hasil yang pas. NB: map HDRI nya tipe UVW nya pilih yang "Environment" dengan tipe spherical yak.
c. di tab Global Switches, selalu gunakan "Default Lights", kasus ini hanya bila menggunakan HDRI.
d. nyalakan Shadow yang ada di default sketchup nya, lalu arahkan supaya bayangan sesuai dengan gambar HDRI yang anda pakai. contoh bisa dilihat pada gambar dibawah.
e. item nomer c dan d tidak berlaku bila anda menginginkan scene malam hari. karena? jelas.. malam hari mana ada matahari kan?
f. pada tab Camera, matikan / un-centang pada "Exposure" karena sifat HDRI itu sudah membawa cahaya sendiri tanpa perlu exposure dari camera.
Settingan yang dipakai untuk image "Siang hari":
Default light -> on
Physical camera -> off
Environment:
Gi color -> value = 6, "M" diisi HDRI map.
BG color -> value = 2, "M" diisi HDRI map.
Reflect color -> value = 2, "M" diisi HDRI map.
Settingan yang dipakai untuk image "Sore hari":
Default light -> on
Physical camera -> off
Environment:
Gi color -> value = 2, "M" diisi HDRI map.
BG color -> value = 0.5, "M" diisi HDRI map.
Reflect color -> value = 1, "M" diisi HDRI map.