Archive Pages Design$type=blogging

PEMODELAN GRAFIK, 2D + D = 3D

Pemodelan 3D Proses pemodelan 3D dibagi menjadi beberapa tahapan untuk pembentukannya. Seperti objek apa yang ingin dibentuk sebagai...


Pemodelan 3D
Proses pemodelan 3D dibagi menjadi beberapa tahapan untuk pembentukannya. Seperti objek apa yang ingin dibentuk sebagai objek dasar, metoda pemodelan objek 3D, pencahayaan dan animasi gerakan objek sesuai dengan urutan proses yang akan dilakukan.   

Motion Capture/Model 2D
Yaitu langkah awal untuk menentukan bentuk model obyek yang akan  dibangun dalam bentuk 3D. Penekanannya adalah obyek berupa gambar wajah  yang sudah dibentuk intensitas warna tiap pixelnya dengan metode Image  Adjustment Brightness/Contrast, Image Color Balance, Layer Multiply, dan tampilan  Convert Mode RGB dan format JPEG. Dalam tahap ini digunakan aplikasi grafis  seperti Adobe Photoshop atau sejenisnya.

Dasar Metode Modelling 3D
Ada beberapa metode yang digunakan untuk pemodelan 3D. Ada jenis  metode pemodelan obyek yang disesuaikan dengan kebutuhannya seperti dengan  nurbs dan polygon ataupun subdivision. Modeling polygon merupakan bentuk  segitiga dan segiempat yang menentukan area dari permukaan sebuah karakter. Setiap polygon menentukan sebuah bidang datar dengan meletakkan sebuah  jajaran polygon sehingga kita bisa menciptakan bentuk-bentuk permukaan. Untuk  mendapatkan permukaan yang halus, dibutuhkan banyak bidang polygon. Bila  hanya menggunakan sedikit polygon, maka object yang didapat akan terbag i sejumlah pecahan polygon. Sedangkan Modeling dengan NURBS (Non-Uniform  Rational Bezier Spline) merupakan metode paling populer untuk membangun  sebuah model organik. Kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan hanya tiga titik  saja. Dibandingkan dengan kurva polygon yang membutuhkan banyak titik  (verteks) metode ini lebih memudahkan untuk dikontrol. Satu titik CV (Control  verteks) dapat mengendalikan satu area untuk proses tekstur.

Proses Rendering
Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun  animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan  dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter  tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output. Dalam standard PAL  system, resolusi sebuah render adalah 720 x 576 pixels. Bagian rendering yang  sering digunakan:

1. Field Rendering
Field rendering sering digunakan untuk mengurangi strobing effect yang  disebabkan gerakan cepat dari sebuah obyek dalam rendering video.

2. Shader
Shader adalah sebuah tambahan yang digunakan dalam 3D software tertentu  dalam proses special rendering. Biasanya shader diperlukan untuk memenuhi  kebutuhan special effect tertentu seperti lighting effects, atmosphere, fog dan  sebagainya.

Texturing
Proses texturing ini untuk menentukan karakterisik sebuah materi obyek  dari segi tekstur. Untuk materi sebuah object bisa digunakan aplikasi properti  tertentu seperti reflectivity, transparency, dan refraction. Texture kemudian bisa  digunakan untuk meng-create berbagai variasi warna pattern, tingkat  kehalusan/kekasaran sebuah lapisan object secara lebih detail. 

Image dan Display
Merupakan hasil akhir dari keseluruhan proses dari pemodelan. biasanya objek pemodelan yang menjadi output adalah berupa gambar untuk kebutuhan koreksi pewarnaan, pencahayaan atau visual effect yang dimasukkan pada tahap teksturing pemodelan. output images memiliki resolusi tinggi berkisar Full 1280/Screen berupa file dengan JPEG, TIFF dan lain-lain


COMMENTS

BLOGGER : 3
Loading...
Name

3DS MAX about android Architect art autoCad beton biografi blogger CInta civil engineering Contact design Diniyah download engineering facebook gadget gallery google hardware Harry Potter hiburan Home Design info Internet Iptek jejaring sosial life style mesjid motivasi movie news Photoshop sejarah Sitemap Sketchup Software style teknologi tips-trik tutorial Twilight virus website windows 7
false
ltr
item
HADISSOFT.co: PEMODELAN GRAFIK, 2D + D = 3D
PEMODELAN GRAFIK, 2D + D = 3D
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiWQugXHJPtIMQwwSEe1afvCf_wf2zfO60f4MjYyRpDmjzul9ck0jRfUyQbSG5sujcE8-2wCHOuqbP3nufVBK5x0F3aWoQ_3-n-nOkm2LJaqXadLtALXOEIWPeKt21lpGIHVZ6iT5z9U4FY/s320/panggung.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiWQugXHJPtIMQwwSEe1afvCf_wf2zfO60f4MjYyRpDmjzul9ck0jRfUyQbSG5sujcE8-2wCHOuqbP3nufVBK5x0F3aWoQ_3-n-nOkm2LJaqXadLtALXOEIWPeKt21lpGIHVZ6iT5z9U4FY/s72-c/panggung.png
HADISSOFT.co
http://hadissoft.blogspot.com/2012/06/pemodelan-grafik-2d-d-3d.html
http://hadissoft.blogspot.com/
http://hadissoft.blogspot.com/
http://hadissoft.blogspot.com/2012/06/pemodelan-grafik-2d-d-3d.html
true
6947977776990020526
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago